Pengalaman Menggunakan Laptop Dynabook Portege X30L-G

Pengalaman Menggunakan Laptop Dynabook Portege X30L-G

Legendsofdaemonica –┬áBeberapa orang mungkin belum pernah mendengar merek Dynabook. Inilah divisi bisnis Toshiba untuk laptop yang akhirnya dibeli Sharp mulai 2018. Dynabook dikenal sebagai laptop yang berorientasi bisnis dan sudah tersedia di pasar Indonesia. Salah satu seri yang datang ke tabel pengujian berita teknologi komputer adalah Dynabook Portege X30L-G.

Sebelumnya, kami perlu menjelaskan bahwa Dynabook Portege X30L-G hadir untuk sektor korporat. Artinya, Anda belum tentu akan menemukannya untuk dijual di toko e-commerce atau ritel. Ini tersedia dengan pilihan spesifikasi sesuai pesanan. Jika Anda mengunjungi situs resmi Dynabook, Anda akan memiliki berbagai spesifikasi yang dapat Anda sesuaikan hingga harga yang harus Anda bayarkan akhirnya tertera. Saatnya berbicara tentang desain. Dynabook Portege X30L-G menawarkan konsep minimalis layaknya sebuah ultrabook. Itu ditutupi dengan warna biru tua dan satu sisi berwarna emas.

Di luar dugaan, bobotnya cukup rendah, sekitar 800 gram yang bisa dipegang dengan satu tangan. Salah satu faktor pendukungnya adalah bodi magnesium yang menutupi seluruh laptop. Setelah beberapa lama menggunakannya, ternyata tubuh ini memiliki daya tahan yang cukup kuat. Dynabook mengklaim itu berkat sasis dengan model sarang lebah yang menjadi alas laptop. Begitu dibuka, kamu akan langsung melihat layar berukuran 13,3 inci yang masih memiliki tepian yang cukup besar. Di bagian atas layar terdapat kamera yang cukup besar untuk laptop masa kini, dan satu kekurangannya adalah kamera ini tidak dilengkapi dengan penutup fisik, yang seharusnya tersedia di laptop untuk keperluan bisnis.

Di balik layarnya yang minimalis, Dynabook Portege X30L-G tetap menawarkan area keyboard yang cukup luas. Anda dapat melihat tombol on / off di kanan atas dengan jelas dan cukup jauh dengan tombol keyboard. Satu hal yang menarik perhatian Anda adalah desain tuts keyboard yang cukup kecil namun tetap berhubungan dengan masyarakat Asia.

Jarak antar tombol masih cukup terbatas, dan beberapa orang mungkin menganggap jarak ini cukup jauh. Ini karena desain keyboardnya tidak biasa dengan model lain. Di bagian bawah keyboard terdapat touch pad yang ukurannya sangat minimalis namun tetap dapat menjalankan berbagai fungsi di luar pemindahan kursor. Di bagian samping touchpad, terdapat pemindai sidik jari yang sebenarnya tidak terlihat. Namun, hal tersebut justru menjadi keunggulan karena menambah poin untuk aspek keamanan. Untuk antarmuka, Dynabook Portege X30L-G menawarkan dua port USB 3.0 di sisi yang sama, bersama dengan port LAN dan kunci Kensington.

Di sisi lain, terdapat slot MicroSD, jack audio 3.5mm, HDMI, USB-C dan power. Hal menarik berikutnya yang kami lihat adalah tutup bodi bagian bawah yang menggunakan sekrup biasa sehingga pengguna dapat dengan mudah mengupgrade RAM mereka sendiri. Di bagian bawah ini terdapat dua lubang speaker di sisi, ditambah lubang udara di sisi lain dan satu sisi engsel layar di sepanjang tepi. Kemudian Anda akan menemukan pada bodi belakang layar logo Dynabook yang lokasinya tidak biasa. Namun posisi ini memberikan kesan elegan dan profesional. Kelemahan dari bodi magnesium adalah mudah meninggalkan sidik jari, sehingga bagus untuk rajin dibersihkan.

Dynabook Portege X30L-G menawarkan beberapa fitur keamanan yang ditujukan untuk kalangan korporat. Beberapa di antaranya adalah dukungan BIOS bikinan, yang diklaim memiliki sistem keamanan khusus. Dari sini, mereka dapat mengoperasikan perangkat keras dan firmware yang dapat disesuaikan sehingga memiliki sistem enkripsi yang dianggap sesuai. Lalu ada pemindai sidik jari yang dijelaskan sebelumnya. Anda dapat mengaktifkannya secara default dengan Windows Hello. Fitur lainnya datang dari aspek hardware, salah satunya adalah panel display IGZO yang sudah lama dikenal dari Sharp. Selama digunakan, panel ini dapat menghasilkan warna yang lebih baik, lebih terang dan lebih tajam. Selain itu, keyboard laptop ini mendukung tahan percikan dan menyediakan LED di setiap tuts. Terakhir, bodi magnesium kuat dan telah meraih sertifikasi standar militer MIL-STD 810G.

Anda mungkin juga suka...